--------------------------------------------Ads-----------------------

Ads

Program SBM (Save Breast Milk) Sebagai Edukasi ASI Eksklusif Pada Ibu Hamil di Desa Blendung



Kabar Pemalang - Pada hari Jumat, 18 Januari 2019 telah dilaksanakan program edukasi ASI eksklusif oleh mahasiswa KKN tim I UNDIP tahun 2019 yang dilaksanakan dirumah salah satu kader posyandu Desa Blendung yaitu Nur Hidayah pada pukul 09.30-11.30 WIB. Program tersebut diberi nama SBM (Save Breast Milk) yang berarti  “Simpan Air Susu Ibu”, dengan sasaran ibu hamil trimester 3 yaitu usia kehamilan sekitar 7 sampai 9 bulan. Tujuannya adalah agar setelah ibu melahirkan bisa memberikan ASI Eksklusif kepada bayi nya dan sedikit demi sedikit mengikis kebiasaan turun temurun. Kegiatan ini dihadiri oleh 9 ibu hamil, 2 kader posyandu, dan seorang bidan desa.

Kegiatan program ini diawali dengan sambutan Ibu bidan desa yaitu Dewi, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan mahasiswa KKN.  Setelah itu masuk ke inti program. Di program ini ibu hamil diterangkan mengenai pentingnya ASI eksklusif bagi ibu dan bayi, makanan untuk memperlancar ASI, Inisiasi Menyusui Dini, penjelasan pantangan makan pada ibu hamil serta Penjelasan tentang teknik menyusui yang baik dan benar untuk ibu menyusui agar ketika menyusui ibu dan bayi dapat merasakan kenyamanan.

Setelah itu dibuka sesi tanya jawab dan sharing dengan ibu hamil tersebut. Ternyata terdapat beberapa ibu hamil yang mempunyai riwayat cesar dalam proses persalinan, yang kemudian berdampak pada kesulitan dalam bergerak. Karenanya sang ibu memberikan bayinya susu formula. Pada sesi Tanya jawab ini mahasiswa KKN memberikan tips kepada ibu hamil untuk mempercepat penyembuhan luka setelah operasi yaitu dengan makan putih telur rebus. Selain itu kembali meluruskan bahwa tidak ada pantangan bagi ibu hamil maupun ibu nifas dalam hal mengkonsumsi makanan.

Kontributor : Tim I KKN Undip Desa Blendung

Program SBM (Save Breast Milk) Sebagai Edukasi ASI Eksklusif Pada Ibu Hamil di Desa Blendung Program SBM (Save Breast Milk) Sebagai Edukasi ASI Eksklusif Pada Ibu Hamil di Desa Blendung Reviewed by Massol Likhin on Sabtu, Januari 19, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.