--------------------------------------------Ads-----------------------

Ads

Penuh Semangat!!! Remaja Desa Blendung Ikuti Pelatihan Pembuatan Komposter Dan Pupuk Kompos dari Sampah Organik



Kabar Pemalang -  Kamis (24/01/2019) Mahasiswa KKN UNDIP Desa Blendung berkesempatan  memperkenalkan teknologi tepat guna dalam mengatasi permasalahan limbah sampah organik yang tidak dikelola dengan baik. Warga Desa Blendung dalam mengatasi sampah yang ada masih sering membuang dan membakar di samping rumah. Hal tersebut dapat menimbulkan banyak masalah, seperti halnya bau tidak sedap, sarang penyakit, dan polusi udara. Maka dari itu, Tim KKN Undip berinisiatif untuk memberikan solusi dengan memperkenalkan teknologi tepat guna untuk mengatasi permasalahan tesebut, yaitu alat Komposter.

Cara kerja alat Komposter ini  yaitu merubah sampah organik menjadi pupuk kompos dengan bantuan bakteri pengurai (EM4). Alat ini menerapkan teknik pengomposan aerobik dan kelebihannya yaitu dapat menghasilkan 2 jenis pupuk yaitu pupuk cair dan pupuk kompos dalam waktu 3-4 minggu.

Remaja Desa Blendung sangat antusias dan semangat menyambut program pengabdian tim KKN Undip. Hal itu terlihat pada saat pemberian materi dari tim KKN, banyak remaja yang aktif bertanya. Setelah pemberian materi juga dilanjutkan tentang praktek bagaimana cara pembuatan alat komposter dan cara menggunakannya.

Harapan dari edukasi yang disampaikan oleh Joko Trianto (Teknik Mesin) dan M. Faishal El Hakim (Teknik Kimia) ini yaitu agar pemuda-pemudi desa Blendung yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif ini dapat membuat alat komposter sendiri. Apabila warga desa Blendung sudah dapat membuat dan kemudian memanfaatkan alat ini nantinya akan dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari seringnya pembakaran sampah yang dilakukan.

Kontributor Tim KKN Undip

Penuh Semangat!!! Remaja Desa Blendung Ikuti Pelatihan Pembuatan Komposter Dan Pupuk Kompos dari Sampah Organik Penuh Semangat!!! Remaja Desa Blendung Ikuti Pelatihan Pembuatan Komposter Dan Pupuk Kompos dari Sampah Organik Reviewed by Massol Likhin on Jumat, Januari 25, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.