--------------------------------------------Ads-----------------------

Ads

Beras Zakat untuk 167 Penerima di Paduraksa




KABARPEMALANG.ID – Sebanyak 1.165 Kg beras zakat yang berhasil dihimpun warga lingkungan RW 01 Paduraksa, pada Kamis malam 14 Juni lalu telah dibagikan kepada 167 warga yang berhak menerima.

Seperti disampaikan Riswono (62), Koordinator Zakat Fitrah yang juga Ketua RW 01 Paduraksa, Kecamatan/Kabupaten Pemalang, untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan dipusatkan di dua titik. Yakni di Mushola Darul Iman di kompleks pasar lingkungan RT 01 dan di Mushola Zubaedah di lingkungan RT 02 dan RT 03.

Disebutkan, perolehan beras zakat yang dihimpun pada malam takbir tersebut meliputi 400 Kg dari RT 01; 325 Kg RT 02; 320 Kg RT 03 dan yang berbentuk uang tunai sebesar Rp 1.200.000,- diperhitungkan dengan nilai 120 Kg beras. Sehingga perolehan keseluruhan 1 ton lebih 165 Kg.

Sebagaimana aturan yang telah ada, imbuh Riswono, para Amil Zakat mendapatkan hak seperdelapan dari perolehan zakat yang berhasil dihimpun. Dari keseluruhan perolehan didapat angka Rp 1.450.000,- sebagai hak para petugas zakat tersebut.
“Sementara perolehan dalam bentuk uang tunai juga digunakan untuk membiayai pengadaan kantong plastik, foto copy dan minuman serta snack,” jelasnya.

Penanganan zakat fitrah idealnya ada keseragaman. Hal itu bisa terwujud apabila pihak pemerintah ikut cawe-cawe dengan memberikan instruksi kebawah hingga tingkat pemerintahan desa/kelurahan yang diteruskan ke tingkat RT/RW. Dengan adanya mekanisme tersebut dimungkinkan tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya penumpukan zakat pada oknum tertentu.

Adanya kemungkinan terjadinya penumpukan zakat oleh oknum tertentu padahal seharusnya dibagikan kepada warga yang berhak, menurut Riswono seyogianya hal tersebut tidak perlu terjadi. Apabila semua pihak menyadari arti pentingnya zakat fitrah itu sendiri bagi warga yang berhak menerima.

“Karena itu seharusnya pemerintah ikut cawe-cawe agar ada keseragaman dan tidak terjadi kecurangan oleh oknum untuk kepentingan sendiri,” pungkasnya seraya menyebut penghimpunan zakat fitrah sekarang ini terlaksana karena inisiatif. (Ruslan Nolowijoyo).
Beras Zakat untuk 167 Penerima di Paduraksa Beras Zakat untuk 167 Penerima di Paduraksa Reviewed by Mbah Ruslan Nolo on Selasa, Juni 19, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.