--------------------------------------------Ads-----------------------

Ads

Ujian Hidup dan Sawang Sinawang



KABARPEMALANG – Seyogianya hidup ini kita isi agar berguna dunia dan akhirat. Hidup ini senantiasa penuh tantangan dan ujian. Untuk bersekolah ataupun kuliah amat susah, biayanya sangat mahal dan setelah tamat juga susah mendapatkan pekerjaan.

Wejangan ini disampaikan KH Akrom, SPd I dalam tausiah yang disampaikan pada acara peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW,  di SDN 01 Kebondalem, Pemalang, Sabtu (7/4).

Menurut ulama dari Kota Tegal yang menyampaikan ceramah dengan gaya familiar tersebut hidup itu sawang sinawang. Harta itu tidak menjamin ketenteraman hidup karena banyak yang hidup kaya tetapi juga menanggung banyak hutang. Sebaliknya yang hidup sederhana merasa tentram dan mensyukuri.

Lebih jauh disampaikan, karena sawang sinawang itu pula kita tidak harus bersikap sombong. Kita bisa terus berubah namun ada batasnya. Sebagai contoh yang mudah adalah mengendarai sepeda onthel ternyata lebih cepat dibanding mengendarai sepeda motor. Kita bisa buktikan dengan mudah, berikan sepeda onthel untuk berkendara anak kita ke sekolah. Pasti dia akan pulang tepat waktu, selesai pelajaran langsung menuju rumah. Berbeda dengan jika kita berikan sepeda motor, anak kita tentu akan pulang sore hari karena putar-putar dan dolan dulu hingga telat waktu.


SDN 01 Kebondalem merupakan sebuah sekolah dasar yang senantiasa berusaha mengejar ketertinggalan. Berkat upaya yang dilakukan dengan dukungan para orang tua siswa serta masyarakat dan tokoh yang peduli terhadap dunia pendidikan, dari waktu ke waktu sekolah ini berhasil menjadi sekolah berprestasi baik akademik maupun nonakademik.

Kepala SDN 01Kebondalem Pemalang, Cipto Wibowo, SPd, menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pada awal acara. Dirinya juga menyampaikan pernah menjadi guru selama belasan tahun di sekolahnya sebelum mendapat tugas menjadi Kasek.

Cipto Wibowo juga menegaskan, meski sekolah yang dipimpinnya berkategori sekolah berprestasi, namun sebagian besar bangunan gedungnya merupakan bangunan kuno yang masih bisa difungsikan. (Ruslan Nolowijoyo).

Ujian Hidup dan Sawang Sinawang Ujian Hidup dan Sawang Sinawang Reviewed by Mbah Ruslan Nolo on Senin, April 09, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.