--------------------------------------------Ads-----------------------

Ads

Seleksi Akademik Calon Kepala Sekolah Dipantau Bupati



KABARPEMALANG -  Pelaksanaan Seleksi Akademik Calon Kepala Sekolah jenjang TK, SD dan SMP di Ballroom Winner Jalan A Yani, dipantau secara cermat oleh Bupati Pemalang H Junaedi, SH, MM, Kamis (22/2).  

Dalam melakukan pemantauan terhadap kegiatan yang diikuti sekitar 300 peserta, H Junaedi didampingi Kepala Dinqas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Mohamad Arifin dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sugianto. 

Dari keterangan yang diperoleh di lokasi kegiatan, seleksi dengan peserta ratusan guru tersebut dilaksanakan selama dua hari, dimulai Rabu tanggal 21 Februari dan berakhir Kamis 22 Februari 2018. Dalam kesempatan pemantauan itu Bupatio Junaedi menyempatkan diri untuk menyeleksi salah seorang peserta. 


Terkait pola rekrutmen calon keala sekolah yang ada di ligkungan Pemkab Pemalang, Bupati mengatakan, pelaksanaannya dilakukan dengan pola kemitraan. Hal itu dilakukan karena pihakya menyadari kalau itu tidak mungkin melakukan sendiri. Sehingga perlu bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sesuai dengan tupoksinya dalam menjaring calon kepala sekolah yang memiliki dedikasi sesuai dengan kompetensinya dan memenuhi standar, sehingga hasilnya akan lebih objektif. “Kami akan terima hasil seleksi sesuai dengan yang di rekomendasi LPMP,” katanya.


Menurut dia, kegiatan yang sama juga pernah dilakukan pada tahun sebelumnya, dan kali ini kembali dilakukan karena kebetulan ada formasi kepala sekolah yang akhir masa jabatanya selesai. “Termasuk juga untuk cadangan di tahun berikutnya,” ungkapnya.

Ditegaskan, dalam seleksi ada yang lolos dan tidak lolos, yang lolos berarti ada kemampuan yang tidak lolos perlu mengembangkan diri untuk menjadi peserta ditahun-tahun berikutnya. Diharapkan dengan seleksi tersebut akan didapatkan pemimpin-pemimpin yang berkualifikasi, sesuai dengan standar mutu dan standar lainya, sehingga peserta didik di masing masing sekolah itu akan mendapatkan pemimpin yang sesuai harapan. Pada muaranya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berjalan dengan baik dan manajemen pendidikanya juga bagus.

“Endingnya adalah output, out-come -nya jelas yang didapatkan anak-anak didik yang sesuai dengan harapan kita semua ,“ harap Bupati.

Diperoleh informasi pendaftaran seleksi akademik calon Kepala TK, SD dan SMP Tahun 2018 dimulai tanggal 22-26 Januari 2018, untuk pengisian kekosongan kepala sekolah sampai 2019 dengan formasi, total 234 orang kepala sekolah.

Berkaitan dengan rekrutmen yang dilaksanakan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala sekolah, Bupati menegaskan, kegiatan yang dilaksanakan dengan pola kemitraan bersama pihak ketiga

sehingga diharapkan akan memperoleh hasil obyektif dan tidak ada titipan dari pihak manapun.

  “Tidak ada titipan, Insya Allah kami sudah berupaya maksimal. Kalau kita mau titip ngapain kita ndadak pakai pihak ke tiga. Kita pilih saja satu, dua, tiga, empat orang selesai,” tegas Bupati.

(Ruslan Nolowijoyo-ay).


Seleksi Akademik Calon Kepala Sekolah Dipantau Bupati Seleksi Akademik Calon Kepala Sekolah Dipantau Bupati Reviewed by Mbah Ruslan Nolo on Jumat, Februari 23, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.