KABARPEMALANG – Ribuan warga Pemalang menyaksikan prosesi Kirab Pataka dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-443 Kabupaten Pemalang, Rabu (24/1). Mereka berdiri di sepanjang tepi jalan yang dilewati iring-iringan kereta kencana yang membawa Bupati Pemalang H Junaedi beserta Isteri, Wakil Bupati H Martono beserta isteri dan Ketua DPRD HM Agus Sukoco beserta isteri.

Kirab Pataka merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-443. Untuk pelaksanaan kali ini kereta kencana yang dilibatkan bertambah satu unit, yakni yang dinaiki Ketua DPRD beserta isteri. Dua kereta kencana yang terdahulu, yakni Ki Seta Mraman dan Ki Turangga Jati, merupakan titian Bupati dan Wakil Bupati.

Sebagaimana peringatan tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan dimulai dengan Haul di Makam Pangeran Benowo, di Penggarit, Senin (22/1). Kemudian keesokan harinya, Selasa (23/1) dilaksanakan ziarah ke makam Suronatan dan makam leluhur Pemalang lainnya. Sore harinya diselenggarakan Semaan Al Qur’an di Pendopo Kabupaten.


Malam wungon digelar disetiap kecamatan, sedangkan di lingkungan pendopo diselenggarakan istigosah dan pengajian. Puncak acara peringatan adalah Sidang Paripurna Istimewa yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten. Sidang dipimpin langsung Ketua DPRD Pemalang, HM Agus Sukoco. Sidang dilaksanakan setelah rampung acara kirab pataka.

Dalam persidangan terungkap sejumlah keberhasilan yang telah dicapai oleh Pemkab Pemalang dalam satu tahun terakhir. Semua program pembangunan baik yang fisik maupun non fisik berhasil diselesaikan dengan baik, jelas Ketua DPRD HM Agus Sukoco.

Bupati Pemalang H Junaedi dalam keterangannya menyebutkan bila keberhasilan yang dicapai merupakan hasil kerja keras pemerintah didukung semua pihak yang memang ingin mewujudkan keberhasilan pembangunan di segala bidang di Pemalang.(RN)