Warga Wanasari Temukan Sumur Peninggalan Wali

KABARPEMALANG – Sebuah sumur tua yang diduga peninggalan jaman wali dan telah tertimbun lapisan tanah ditemukan warga di lingkungan ...




KABARPEMALANG – Sebuah sumur tua yang diduga peninggalan jaman wali dan telah tertimbun lapisan tanah ditemukan warga di lingkungan RT 05 RW 02 Dusun Wanasari Desa Wanamulya, Kecamatan/Kabupaten Pemalang.
 
Warga lakukan penggalian
 Awal penemuan sumur tersebut adalah keingintahuan warga tentang kebenaran cerita para orang tua dulu ihwal keberadaan sebuah sumur ’gaib’ yang bernama Sumur Jolotundo. Seperti disampaikan Suroso (40) warga setempat. Dia bersama rekan-rekannya ingin membuktikan cerita sejarah para sesepuh desa.

Setelah melalui kesepakatan akhirnya penggalian pun dimulai Minggu (15/10) kemarin dengan sasaran 5 titik. Ketika ditemui di lokasi penggalian Senin (16/10) diakui pihaknya sudah berkonsultasi dengan orang berdaya luwih untuk melakukan penggalian sumur itu. Termasuk telah mendapatkan ijin dari pemilik tanah, H Dalmuji (79).
 
Penggali temukan blengker/kluwung di kedalaman 2 M
Berdasarkan saran yang telah disepakati bersama akhirnya dilakukan penggalian di beberapa titik.
Dari lima titik yang digali, ternyata hanya satu titik yang rupanya sebagai lokasi sumur  yang dimaksud. Dalam kedalaman sekitar 2 meter ditemukan kluwung atau blengker, yang merupakan bejana terbuat dari tanah liat yang dibakar layaknya gerabah yang ada di saat ini. Gerabah berbentuk lingkaran tersebut berdiameter sekitar 80 centimeter. Selain benda ini juga telah ditemukan batu bata yang kondisinya telah pecah. Pecahan dan potongan batu bata tersebut dikumpulkan oleh warga. Termasuk pecahan kluwung yang ketebalannya sekitar 2 centimeter.
 
Pecahan kluwung temuan
Beberapa tokoh warga yang ditemui di lokasi penggalian menyampaikan hal senada. Duhri (50), Kamuri (57) serta  Pak Yahya, ulama dan Ketua RT setempat. Menduga bila pada jaman dulu kala di lokasi penggalian terdapat kegiatan keseharian warga. Hal itu terbukti dengan adanya sebuah sumur yang saat ini telah ditemukan. (Ruslan Nolowijoyo).
Reaksi: 

Related

warta-desa 521721646882073191

Post a Comment Default Comments

Text Widget

item