Kampanye MR Dikoordinasikan

KABARPEMALANG – Meski keberhasilan pelaksanaan di Kabupaten Pemalang mencapai 76 persen, namun pelaksanaan kampanye Measles Rubella...




KABARPEMALANG – Meski keberhasilan pelaksanaan di Kabupaten Pemalang mencapai 76 persen, namun pelaksanaan kampanye Measles Rubella (MR) di wilayah ini kembali dikoordinasikan.

Dengan menggelar kegiatan bertajuk “Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Kampanye MR” di Balllroom Winner, Kamis (7/9). Pertemuan dihadiri 76 peserta yang terdiri dari kepala Puskesmas, Pengelola Program Imunisasi Puskesmas, perwakilan Disdikbud, perwakilan Kemendag Pemalang, perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan dari organisasi profesi lainnya.

Penyelenggara menghadirkan sejumlah nara sumber diantaranya Konsultan dari WHO, Dokter Spesialis Anak, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabid P2P Dinkes dan nara sumber dari Puskesmas Randudongkal.

Sebagaimana disampaikan Kabid P2P Dinkes, H Mamid, disela kegiatan, koordinasi diantara para pihak berkompeten terkait harus senantiasa ditingkatkan. Program penanggulangan penyakit Campak dan Rubella melalui pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) di Kabupaten Pemalang telah berlangsung untuk fase 1 bulan Agustus dengan sasaran anak sekolah mulai dari PAUD, TK, SD/MI dan SMP/Mts Sederajat berjalan dengan lancar.

Pelaksanaannya ditandai dengan pencanangan oleh Bapak Bupati H Junaedi, SH, MM di Pendopo Kabupaten pada Selasa tanggal 1 Agustus lalu. Pada pencanangan tersebut bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj Irna Junaedi, SE, MM, melakukan pemberian imunisasi dan pemasangan PIN untuk peserta dari pelajar mewakili PAUD, TK, SD dan SMP.

Lebih jauh H Mamid menjelaskan, Imunisasi MR dilaksanakan untuk anak usia 9 bulan hingga 15 tahun yang di Kabupaten Pemalang jumlahnya mencapai 331.238 anak. Pelaksanaannya dibagi menjadi dua fase. Yakni fase 1 dimulai tangg1 1 hingga 31 Agustus. Sedangkan fase 2 dilaksanakan mulai tangga1 hingga 31 September di Posyandu atau Pos Pelayanan di Puskesmas.

Menurut dia, target capaian di tingkat provinsi adalah 95 persen. Dengan koordinasi yang baik dan kerja keras semua pihak yang terlibat, pelaksanaan di Pemalang mencapai 76 persen.  (Ruslan Nolowijoyo)
Reaksi: 

Related

seputar-pemalang 7883440739518996145

Post a Comment Default Comments

Text Widget

item