Kali Pertama, SDN 01 Kebondalem Potong Hewan Kurban

KABARPEMALANG - Untuk pertama kalinya pada peringatan Idul Adha 1438 H di SDN 01 Kebondalem dilaksanakan pemotongan dua ekor hewan ...




KABARPEMALANG - Untuk pertama kalinya pada peringatan Idul Adha 1438 H di SDN 01 Kebondalem dilaksanakan pemotongan dua ekor hewan kurban. Masing-masing seekor sapi dan seekor kambing.

Pemotongan hewan kurban sama sekali belum pernah dilaksanakan di sekolah favorit yang kini menyandang sebagai Sekolah Rujukan. Gagasan memotong hewan kurban akhirnya terealisasi dengan ditandai dimulainya infaq qurban oleh siswa selama setahun yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

Seperti disampaikan Guru Agama Islam SDN 01 Kebondalem Faizin, SPd I di tempat pemotongan hewan kurban di halaman belakang sekolah, Senin (4/9), dari infaq qurban siswa dalam setahun terakhir terhimpun dana sebesar Rp 24 juta. Dana tersebut dibelikan seekor sapi untuk dipotong dan dagingnya dibagikan kepada warga sekitar sekolah dan peserta didik.

Ada yang cukup menarik, selain seekor sapi panitia juga memotong seekor kambing sumbangan orang tua murid.

“Kami juga menerima sumbangan seekor kambing dari orangtua murid,” ungkap Faizin yang mengaku sudah 5 tahun lebih menjadi guru di SDN 0`1 Kebondalem.

Menurut Faizin, kegiatan pemotongan hewan kurban dan pembagian daging yang dikerjakan bersama merupakan sebuah proses pembelajaran agar siswa terbiasa bersadaqoh dan beramal. Disitulah semua yang terlibat memetik manfaat yang positif berkaitan dengan kepedulian dan keikhlasan.

Kepala SDN 01 Kebondalem, Cipto Wibowo, SPd, ketika ditemui tertpisah di ruang kerjanya membenarkan apa yang disampaikan guru agama.

“Betul, sepanjang puluhan tahun di sekolah ini baru saat ini melaksanakan pemotongan hewan kurban,” katanya menegaskan. (Ruslan Nolowijoyo)
Reaksi: 

Related

seputar-pemalang 6364986098088420725

Post a Comment Default Comments

Text Widget

item