Kabar Pemalang - Karnaval Kemerdekaan yang diselenggarakan di Desa Kendalrejo pada Minggu (20/8/2017) berlangsung meriah. Karnaval yang melalui rute jalan utama Desa Kendalrejo dan menyisir perbatasan Desa Kendaldoyong dengan jarak kurang lebih 2 KM ini diisi oleh lebih dari 1000-an peserta dengan berbagai kostum dan atribut. 

Peserta dengan atribut TNI lengkap dengan senjata dan mobil tank
Beberapa peserta menggunakan kostum pejuang, kostum TNI, Polisi. Selain itu banyak juga yang menggunakan kostum unik-unik  seperti kostum tradisional kebaya dan berkostum dalang.

Selain kostum yang unik, para peserta juga menampilkan replika kendaraan yaitu kendaraan perang milik TNI berupa mobil tank dan juga beberapa replika perahu. 

Adapun peserta yang mengikuti karnaval ini antara lain warga perwakilan beberapa dusun yang ada di Desa Kendalrejo, para pelajar dari SD 09 Kendaldoyong, SD 04 Kendaldoyong, MI Al-Muawanah, TPQ Al-Muawanah, RA Al-muawanah, SMP 06 Muhammadiyah Kendaldoyong serta beberapa organisasi yang ada di Desa Kendalrejo yaitu Ansor dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). 

Sepanjang karnaval tim drum band dari SMP 06 Muhammadiyah Kendaldoyong mengiringi dengan lantunan lagu-lagu nasional. Tak mau ketinggalan salah satu perwakilan dusun di Desa Kendalrejo yang mengikuti karnaval ini juga menyanyikan lagu-lagu nasional dengan iringan musik angklung yang menambah kemeriahan. 

Tak mau kalah, guru RA Al-muawanah mengajak siswa-siswanya untuk melantunkan lagu-lagu nasional dan yel-yel y

Keceriaan terlihat di antara para peserta yang mengikuti kegiatan karnawal ini. Masyarakat pun larut dalam kegembiraan menyaksikan jalannya karnaval yang dimulai pada pukul 13.00 WIB ini. 

Kegiatan karnaval sendiri dilaksanakan untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus 2017. Hal ini juga bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada warga khususnya Desa Kendalrejo akan perjuangan dari para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan pada masa penjajahan dahulu.