--------------------------------------------Ads-----------------------

Ads

Dari Pegundan, Jahe Merah Kini Merambah Desa Lain

KABAR PEMALANG - Karyono salah seorang warga Desa Pegundan pada akhir tahun 2012 mengawali usaha budidaya Jahe Merah. Jahe Merah yang semula hanya dua puluh polybag kini bersama-sama dengan warga dari tiga desa, sudah mengembangkan budidaya Jahe Merah sebanyak 7.000 polybag. Untuk mendapatkan biibit sebanyak itu, menurut Karyono, didatangkan dari PT. Sidomuncul tbk. 


Karyono di lahan budidaya Jahe Merah
Semangat budidaya Jahe Merah ini Karyono tularkan kepada warga Desa Pegundan, Kalirandu dan Karangasem yang berada di Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Sejak setahun terakhir budidaya Jahe Merah ini berkembang di tiga desa ini.  Untuk mempopulerkan budidaya jahe merah ini, dilakukan pelatihan, penyuluhan kepada warga dan kelompok tani. 

Budidaya Jahe Merah yang dikembangkan Karyono bersama warga menggunakan polybag. Selain perawatannya yang mudah, pembudidayaan ini juga bisa menggunakan ruang-ruang tertentu seperti halaman rumah atau sudut-sudut halaman yang kosong. 

Jangka waktu dari pembibitan hingga panen memang cukup lama antara 8-10 bulan. Untuk menyiasatinya, dilakukan penanaman bergilir sehingga panen bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. 

Pak Karyono membeli hasil panen dari petani dengan harga tinggi. Tujuannya untuk melindungi petani dan menjaga semangat mereka dalam membudidayakan jahe merah.

Dari hasil panen tersebut Jahe Merah diolah menjadi serbuk minuman instan. Untuk membuatnya dibutuhkan pemrosesan pemanasan 200 derajat. Bahan campurannya berupa rempah-rempah dan gula pasir. Jahe Merah seduh dibungkus dalam wadah plastik sachet dengan takaran untuk minuman satu gelas yang kemudian dimasukkan dalam kotak dengan kapasitas 12 sachet. Satu kotak tersebut dijual dengan harga Rp 17.000. Jahe Merah instan ini bisa bertahan selama satu tahun. 

Tidak hanya dipasarkan di pasar lokal, jahe merah ini sudah dipasarkan di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta dan Malang. 

Semangat untuk berkarya dan memberi manfaat bagi banyak orang merupakan salah satu motivasi Karyono bersama warga membudidayakan Jahe Merah ini. Selain itu, Karyono juga ingin mengajak warga untuk menikmati minuman jahe yang kaya akan manfaat yang tentunya juga sehat.


Dari Pegundan, Jahe Merah Kini Merambah Desa Lain Dari Pegundan, Jahe Merah Kini Merambah Desa Lain Reviewed by Massol Likhin on Jumat, Maret 24, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.