Kabar Pemalang - Selama dua hari, Rabu dan Kamis 1-2 Februari 2017, di SMAN 2 Pemalang digelar Smanda Education Expo 2017. Ribuan siswa khususnya kelas 12 dari berbagai sekolah baik SMA, SMK dan MA se Kabupaten Pemalang datang ke sini. Pada hari pertama siswa yang hadir kurang lebih 2000 orang dan pada hari kedua sekitar 3000 orang. Untuk mengantisipasi bertumpuknya siswa pada waktu bersamaan, panitia menjadwal waktu kedatangan masing-masing sekolah.


Suasana Aula SMAN 2 Pemalang
Smanda Education Expo 2017 adalah gelaran kali ketiga diselenggarakan di SMAN 2 Pemalang. Dalam expo ini, ada dua hal yang ingin diperkenalkan kepada siswa. Pertama, para siswa yang datang diharapkan menuju stand-stand perguruan tinggi yang ditempatkan di aula SMAN 2 Pemalang. Kedua, mereka juga dapat berkenalan sekaligus menggali informasi seputar kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pemalang atau sering disebut dengan IMP.

Menurut Drs. Antana Adi Atmaja kegiatan ini diikuti oleh 18 perguruan tinggi dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bandung. Perguruan tinggi tersebut antara lain Universitas Diponegoro, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas PGRI Semarang, Universitas Semarang, Universitas Pekalongan, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Akademi Kebidanan Kendal, Universtas Telkom Bandung, Universitas Respati Yogyakarta, STIE YKPN, STIE BPD Jawa Tengah, STIKES Muhamadiyah Pekajangan, IAIN Pekalongan, Sekolah Tinggi Telkom Purwokerto, dan STIE Solusi Bisnis Indonesia Yogyakarta . Untuk organisasi kemahasiswaan sendiri ada 21 organisasi dalam wadah IMP atau IMPP yang tersebar di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Jakarta dan Jawa Timur. 

Dalam Expo ini, para siswa yang hadir dikenalkan tentang prosedur pendaftaran perguruan tinggi. Bahkan, beberapa perguruan tinggi mengadakan praktek Tes One Day Service yang merupakan proses daftar, tes dan pengumumannya bisa langsung diketahui oleh calon mahasiswa. Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Tes One Day Service dengan menggunakan Bus Umat. Selain UMS, kampus lain yang melakukan tes ini antar alain Universitas Pekalongan, ST Telkom Purwokerto, 


Para Siswa Kosultasi Kampus

Dari penuturan Ketua Panitia, Drs. Antana Adi Atmaja, pelaksanaan Smanda Education Epo 2017 ini berjalan dengan lancar. Antusiasme dari perguruan tinggi pun cukup tinggi, bahkan panitia terpaksa menolak beberapa perguruan tinggi yang ingin berpartisipasi dikarenakan keterbatasan tempat.

"Kegiatan ini diharapkan menambah wawasan kepada siswa sekaligus calon mahasiswa tentang tata cara mendaftar di perguruan tinggi. Adapun tujuan utama pelaksanaan Smanda Education Expo 2017 ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa di Pemalang untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, khususnya siswa SMAN 2 Pemalang sendiri", tambah Drs. Ananta Adi Atmaja yang juga sekaligus sebagai guru BK di SMAN 2 Pemalang. 

"Kegiatan ini bagus sekali, dapat membantu siswa untuk tahu bagaimana sih cara mendaftar di kampus. Selain itu juga di sini ada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi sehingga kami jadi lebih tahu cara daftarnya gimana dan nantinya di kampus seperti apa." ujar Vina Dwi Yuliani seorang siswa dari SMAN 3 Pemalang. 

Bella, salah seorang rekan Vina Dwi Yuliani berharap untuk event-event berikutnya agar jumlah kampusnya diperbanyak, sehingga pilihannya jadi lebih banyak.