Drs. Zainul Arifin.

KABAR PEMALANG – Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi peserta didik baru di wilayah Kabupaten Pemalang dinilai lancar dan sukses.

Keberhasilan tersebut setidaknya ditandai dengan tidak adanya komplain kepada Dindikpora dari sekolah penyelenggara PLS.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dindikpora Pemalang melalui Kasi SLTP Drs Zainul Arifin kepada kabarpemalang.com di ruang kerjanya, Kamis pagi 21 Juli.

“Sejauh ini pelaksanaan PLS di semua sekolah baik SMP maupun SMA dan SMK berjalan baik sesuai aturan main yang ada,” jelasnya.

Menurut dia, selama pelaksanaan PLS sejak hari pertama, Senin 18 Juli hingga Rabu 21 Juli, tidak terdengar adanya keluhan ataupun pengaduan terjadinya permasalahan.

“Jadi bisa dikata PLS terlaksana dengan zero complaints, tidak ada satupun masalah yang muncul,” katanya.

Masih menurut Zainul Arifin, PLS dilaksanakan dengan isian kegiatan yang bersifat fun dan edukatif. Siswa baru juga diperkenalkan pada suatu kegiatan yang bersifat kolaboratif, secara kelompok.

Sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) No. 18 Tahun 2016, jelasnya, kegiatan MOS bagi siswa baru digantikan dengan PLS. Pelaksanaan di Kabupaten Pemalang tidak mengalami kendala lantaran beberapa tahun lalu sebelum Permen digulirkan, telah digelar pelatihan bagi guru pengelola MOS.

“Jadi ketika digulirkan peraturan menteri tersebut pelaksanaan di Pemalang tidak terlalu sulit,” terangnya.

Harapan kedepan dari pelaksanaan PLS ala Permen 18/2016 adalah pemetangan disain penyajian kegiatan yang ada dalam silabus, baik kegiatan wajib maupun pilihan, imbuhnya.

Menurut Zainul, sesuai dengan tuntutan Permen 18/2016 setelah pelaksanaan diharapkan pihak sekolah menyampaikan evaluasi  hasil pelaksanaan PLS kepada orangtua siswa secara tertulis maupun melalui forum pertemuan.(Ruslan Nolowijoyo).