Pelatihan menjahit di BLK (dok : BLK)

KABAR PEMALANG – Tahun 2016 ini Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Pemalang mengagendakan 16 paket pelatihan kerja untuk kejuruan Menjahit Pakaian, Otomotif Montir Sepeda Motor (OMSM) dan Las Fabrikasi.

Dari 16 paket tersebut 8 diantaranya telah rampung diaksanakan.  Masing-masing 2 paket untuk kejuruan Menjahit Pakaian di Balai Latihan Kerja (BLK) pada 21 Maret hingga 25 April 2016 dengan peserta setiap paket 20 orang.

Paket berikutnya dilaksanakan di Desa Tundagan dan Desa Medayu di wilayah Kecamatan Watukumpul, dengan jumlah peserta yang sama, masing-masing 20 orang. Pelatihan ini digelar mulai 28 April hingga 2 Juni lalu.

Kemudian pelatihan OMSM, satu paket dilaksanakan di BLK pada 21 Maret hingga 25 April. Dengan peserta yang sama, yakni 20 orang, paket pelatihan yang sama juga dilaksanakan di Desa Kemuning Kecamatan Ampelgading.

Untuk kejuruan Las Fabrikasi (Las Listrik dan Karbit) pelaksanaan pertama digelar di BLK pada 21 Maret hingga 25 April. Sedangkan paket pelatihan berikutnya dilaksanakan di Desa Gombong Kecamatan Belik.
 
Kepala BLK Winarno, SIP
Terkait dengan penyelenggaraan pelatihan kerja, Kepala Dinsosnakertrans melalui Kepala BLK Winarno, SIP di ruang kerjanya mengatakan, pelaksanaannya merupakan satu upaya pembekalan ketrampilan bagi  tenaga kerja untuk mengisi pasar kerja.

“Jadi pelatihan dimaksudkan untuk memberikan bekal ketrampilan bagi pencari kerja serta memberikan bekal untuk berwiraswasta sehingga diharapkan bisa membuka lowongan kerja,” jelasnya kepada  kabarpemalang.com, Selasa pagi 12 Juli.

Menurut Winarno, paket pelatihan diberikan kepada warga Pemalang berusia produktif antara 18 hingga 35 tahun, yang memang berkeinginan untuk bekerja ataupun mengelola usaha mandiri. Dengan mengikuti pelatihan peserta akan memiliki bekal ketrampilan serta kompeten dalam bidangnya.

Dikatakan lebih jauh, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinsosnakertrans telah menjadualkan kegiatan pelatihan untuk kejuruan Menjahit, Otomotif dan Las sebanyak 16 kali. Hingga saat ini telah terlaksana 8 kali pelatihan, selebihnya telah teragendakan pelaksanaannya.

Masing-masing untuk Menjahit di Desa Kendaldoyong Kecamatan Petarukan 2 paket pelatihan dan Desa Bodeh Kecamatan Bodeh satu pelatihan. 3 paket pelatihan Otomotif akan digelar di BLK. Pelatihan Las Fabrikasi juga akan dilaksanakan di BLK untuk 2 paket.(Ruslan Nolowijoyo).