Karang Taruna Adalah Agen Perubahan

KABAR PEMALANG - Salah satu tugas pokok Karang Taruna adalah sebagai agent of changes atau agen perubahan. Yang kalau ada regenerasi ke...


KABAR PEMALANG - Salah satu tugas pokok Karang Taruna adalah sebagai agent of changes atau agen perubahan. Yang kalau ada regenerasi kedepan dapat menduduki posisi penting.


Staf Ahli Anggota Komisi VI DPR-RI Prof. Dr. Hendrawan Supratikno, Heriyono, SH, MKn, menyampaikan hal itu dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara bagi Karang Taruna di Gedung Nafisa, Randudongkal, Senin 18 April.


Dalam sosialisasi yang dihairi 90 peserta anggota Karang Taruna dari 18 desa di Kecamatan Randudongkal, Heriyono menegaskan bahwa tugas pokok Karang Taruna adalah sebagai agent of change, agen perubahan.


Heriyono yang datang bersama rekannya Arif Saputro, S Ikom, yang juga staf ahli Prof. Hendrawan, lebih jauh menegaskan bahwa masa Indonesia berada di tangan kaum muda. Sehingga kalangan muda penting untuk memahami sekaligus mengimplementasikan empat pilar berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.


Kondisi demokrasi secara langsung itu baik apabila masyarakat sudah melek politik, katanya. Namun yang terjadi saat ini cukup memprihatinkan karena yang terjadi sikap apatis, terserah siapa yang jadi pemimpin asal dapat uang.


Budi Haryanto

“Ini sangat memprihatinkan sekali. Kalau yang terjadi seperti ini yang akan terjadi adalah ketimpangan sosial baik di pusat maupun di daerah,” jelasnya sambilo mengatakan bahwa Indonesia adalah negeri yang luasnya luar biasa, dari Sabang sampai Merauke. Memiliki kekayaan yang beragam baik yang berupa adat istiadat, budaya, bahasa maupun flora dan fauna.


Acara sosialisasi juga dihadiri Ketua Karang Taruna Kabupaten Pemalang, Budi Haryanto, Ketua Karang Taruna Randudongkl Ali Ariyanto, dan Sekretaris Untung Slamet.


Kepada peserta sosialisasi Budi Haryanto mengatakan, Karang Taruna kedepan harus mempunyai potensi yang bisa dikembangkan untuk turut membangun desa masing-masing.


“Karang Taruna harus membangun kemandirian dengan kreatifitas yang menopang desa setempat,” jelasnya.


Budi Haryanto juga menegaskan bahwa Karang Taruna bukanlah lembaga proposal dan lembaga stempel. Namun sebagai suatu lembaga yang ikut bersama-sama membangun desa.(Ruslan Nolowijoyo).
Reaksi: 

Related

seputar-pemalang 5481357252724918808

Post a Comment Default Comments

Text Widget

item