--------------------------------------------Ads-----------------------

Ads

Wisata Pemalang - Melipir Ke Pantai Kaliprau yang Masih Asri

Desa Kaliprau, mungkin nama desa ini masih asing di telinga para pembaca kabarpemalang.com. Kami akan coba tuangkan salah satu wisata Pemalang yang ada di desa ini, namanya Pantai Kaliprau. 

Anak-anak bermain air di Pantai Kaliprau

Sebelum lebih jauh menyusuri Pantai Kaliprau pastinya sudah pernah dengar Pantai Blendung, bukan? Pantai Blendung berada di Desa Blengdung dan masih sejajar dengan tiga pantai yang masuk kawasan Agrominapolitan seperti Pantai Ketapang, Pantai Kertosari dan Pantai Kaliprau sendiri. Nama keempat pantai ini mengambil nama masing-masing desa dan semuanya berada di daerah Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, yah kawasan Pemalang timur. Sekedari mengingatkan untuk tidak sampai terlewat bahwa nanti pada tanggal 23 Juli 2015 akan digelar hajatan besar di empat tempat ini, Grebeg Syawal sekaligus pemecahan rekor MURI Bakar Bandeng sebanyak 10.000 ekor.

Kembali ke Pantai Kaliprau. Pantai ini berada di bagian utara Desa Kaliprau dan berjarak kurang lebih 2 km dari pemukiman warga atau sekitar 7,5 km dari Jalan Raya Pantura. Waktu tempuh untuk menuju kesana kurang lebih 19-20 menit dari jalur Pantura. 

Bagaimana akses menuju Pantai Kaliprau?
Hampir sama dengan pantai yang ada di Pemalang, jaraknya lumayan jauh dari jalan raya. Sudah kami sebutkan di atas bahwa untuk menuju lokasi diperlukan waktu kurang lebih 19-20 menitan. Akses jalannya sendiri kondisinya lumayan. Sebagian kondisinya bagus sebagian lagi agak berlobang namun masih masuk kategori wajar. Patokan untuk masuk Desa Kaliprau adalah Pasar Ulujami yang berada di bibir Jalan Pantura Pemalang-Pekalongan. Masuk ke arah utara melewati Desa Tasikrejo sekitar 3 km lalu ambil arah kiri memasuki Desa kaliprau sejauh +/- 2 km hingga menemukan pertigaan setelah SDN 01 Desa Kaliprau lalu ambil arah ke kanan. Ikuti jalan yang mulai mengecil melewati pemukiman warga, area persawahan dan area ladang Bunga Melati dan Mangrove hingga sampai ke Pantai Kaliprau. Silahkan lihat peta yah. Ingat, tidak ada kendaraan umum untuk menuju lokasi. Silahkan bawa kendaraan masing-masing yah.
Akses jalan menuju Pantai Kaliprau


Penampakan Pantai Kaliprau
Pantai Kaliprau ini belum banyak diketahui oleh warga Pemalang, saat ini pengunjung hanya sekitar Desa Kaliprau dan warga pinggiran Kabupaten Pekalongan yang berdekatan dengan daerah Kecamatan Ulujami. 


Wajah Pantai Kaliprau
Pantai ini belum dibuka untuk umum secara resmi meski tiap hari beberapa pengunjung menyempatkan diri untuk ke pantai ini. Terlebih ketika akhir pekan, pengunjung jumlahnya hingga ratusan orang. 

Saat ini Pantai Kaliprau masih ditata di banyak sudut. Area parkir sudah ada lahan namun belum difungsikan, Jalur-jalur jalan setapak sedang dibuat. Beberapa pohon cemara untuk peneduh di beberapa titik baru ditanam. 

Garis Pantai Kaliprau sendiri berjarak kurang lebih 300 meter membentang dari barat hingga timur. Beberapa pohon cemara di bagian tengah sudah tumbuh agak tinggi dan nyaman untuk berteduh. Kondisi pasir pantainya masih bersih. Inilah yang membedakan Pantai Kaliprau dengan pantai lain yang ada di Pemalang. Untuk menjaga kebersihan, selain pengunjung yang diberi himbauan untuk tidak buang sampah sembarangan, di sini juga dilakukan rutin bersih-bersih pantai melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). 

Di sini baru ada satu warung yang buka. Untuk keperluan minum dan makan, silahkan mampir di warung yang tidak jauh dari pintu masuk Pantai Kaliprau. 


Jalan menuju Pantai Klaiprau
Sebelum masuk ke Pantai Kaliprau kalian akan disuguhkan dengan barisan pohon Mangrove yang berbaris rapi di kanan dan kiri. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan pemandangan kebun melati yang berada di antara kolam-kolam ikan. Jika saja ini terkelola dengan baik akan menambah daya tarik dari Pantai Kaliprau. 

Hingga artikel ini diangkat di kabarpemalang.com, belum ada tiket masuk yang diberlakukan. 

Dengan dibukanya Pantai Kaliprau ini semoga menjadi salah satu tujuan wisata favorit kalian. 

Wisata Pemalang - Melipir Ke Pantai Kaliprau yang Masih Asri Wisata Pemalang - Melipir Ke Pantai Kaliprau yang Masih Asri Reviewed by Kabar Pemalang on Senin, Juli 06, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.