KABAR PEMALANG – Agar bisa menjaring Peserta Didik Baru (PDB) dalam jumlah yang diharapkan seyogianya pihak sekolah melakukan penyisiran karena masih banyak lulusan SMP-MTs yang belum bersekolah.

Drs. Khalimi, M. Pd
Saran ini disampaikan Kabid Dikmen Dindikpora Pemalang, Drs Khalimi, MPd, menjawab pertanyaan seputar banyaknya SMK swasta yang mengalami kekurangan siswa baru untuk tahun ajaran 2015-2016.

“Saran kami dilakukan penyisiran untuk lulusan SMP dan MTs yang belum bersekolah,” katanya, Jumat 3 Juli.

Penyisiran yang dimaksud dapat melalui teritorial, yaitu pemerintahan desa dan kelurahan. Kemudian penyisiran sektorial, melalui data lulusan SMP-MTs yang ada di Dindikpora yang bisa diakses secara online.

Mengenai adanya SMK Negeri yang membuka program keahlian (jurusan) baru yang juga dimiliki SMK swasta, menurut Khalimi merupakan sarat bagi sekolah yang menjadi sekolah rujukan. Pemerintah akan mengembangkan SMK melalui sekolah rujukan yang harus memiliki 5 program keahlian.

“Jumlah lulusan SMP-MTs yang tidak melanjutkan ke SMK negeri masih sangat banyak, jadi sekolah swasta masih bisa melakukan penjaringan dengan penyisiran,” katanya sambil menambahkan bahwa sekarang ini sekolah yang dicari masyarakat adalah sekolah yang mengembangkan 3 P, yakni Performen, Pelayanan dan Prestasi. (Ruslan Nolowijoyo).