Wakil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo ST mencicipi Jahe Alang-Alang
Pemalang - Mengusung Tema "Penguatan Jiwa Wira Usaha Sebagai Salah Satu Upaya Kemandirian Masyarakat dan Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Kemiskinan" Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Kabupaten Pemalang 2014 digelar di halaman gedung Serbaguna, Pemalang. Kegiatan yang menyediakan berbagai macam konten ini diselenggarakan Rabu hingga Jumat tanggal 17-19 September 2014.

PNPM Mandiri (Program Nasional Pemberdayaan Nusa Mandiri) bersama pemerintah daerah Kabupaten Pemalang sebagai penyelenggara menyediakan berbagai macam kegiatan yang dapat dinikmati oleh masyarakat diantaranya adalah pameran produk UKM yang menampilkan aneka kerajinan maupun kuliner yang dapat dilihat di tiap stand yang ada di GKPM. 


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo ST. Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan bahwa salah satu keberhasilan PNPM Mandiri di Kabupaten Pemalang adalah banyaknya hasil karya masyarakat bersama PNPM Mandiri yang dipamerkan pada kegiatan ini.


"Kemiskinan dapat ditanggulangi apabila ada sinergitas antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Dalam hal ini masyarakat sebagai subjek tentunya dituntut untuk dapat lebih meningkatkan kemandirian yang salah satunya dapat ditempuh melalui wirausaha", sambungnya.


Selepas membuka kegiatan, Wakil Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST mengunjungi stand-stand yang ada.  Wakil Bupati juga berdialog dengan warga dan fasilitator PNPM Mandiri yang ada stand terkait kegiatan apa saja yang telah dilakukan dan pencapaiannya yang sudah diraih. Beliau juga sempat mencoba minuman Jahe Alang-Alang dari stand Kecamatan Petarukan.

Titik Widyastuti, S.Sos, M.Si ketua penyelenggara kepada kabarpemalang mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memperlihatkan hasil karya masyarakat sebagai wujud dari apa yang telah dilakukan oleh PNPM Mandiri bersama masyarakat. Senada dengan Wakil Bupati  Titik Widyastuti menambahkan, "untuk menanggulangi kemiskinan perlu adanya sinergitas antara pemerintah daerah dengan masyarakat dan lembaga perbankan".


Kegiatan GKPM ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh penyelengara PNPM pedesaan dan perkotaan. GKPM Menjadi ajang unjuk hasil bagi para penyelenggara program yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui program PNPM Mandiri, organisasi masyarakat, dan CSR dunia usaha. Rangkaian kegiatan dalam GKPM dalam tiga hari ini meliputi talkshow, pameran, aneka lomba dan hiburan musik.(Massol)