Wisata Pemalang - Tradisi Sedekah Laut, Baritan

Baritan adalah salah satu tradisi yang sudah turun-temurun dilaksanakan warga nelayan di pantai utara Pemalang sebagai rasya syukur kepada Yang Maha Kuasa. Tradisi yang dilaksanakan setiap selasa atau jumat di awal bulan Sura (Kalender Jawa) ini merupakan prosesi melarung sesaji ke tengah laut. Pelaksanaan Baritan ini dilaksanakan di Desa Asem Doyong, Kecamatan Taman.

Ada tiga sesaji laut atau ambeng laut berupa kepala kerbau dan jajanan lokal yang ditempatkan pada  perahu kecil yang dilarungkan ke tengah laut menggunakan perahu yang sudah dihias dengan bendera dan umbul-umbul janur kuning.

Sebelum upacara pelarungan, diadakan tirakatan bersama yang dihadiri para nelayan, tokoh masyarakat setempat dan para pejabat terkait dengan mengambil lokasi di Tempat Pelelangan Ikan. Pembacaan doa dan tahlil menyertai upacara ini dengan maksud agar pelaksanaan upacara ini dapat berjalan lancar, selamat dan tidak menyimpang dari aturan agama.

Sebelum di bawa ke laut, panitia Baritan mengundi sesaji untuk menentukan perahu dan juru mudi yang berhak membawa sesaji ke laut. Caranya dengan mengambil nomor urut yang ada di dalam toples kecil dan ditutup kertas yang diberi lubang kecil untuk mengeluarkan lintingan kertas nomor urut tersebut. Mirip seperti arisan. Usai pengundian Juru Mudi dan ABK diharuskan memakai kaos yang sudah disediakan panitia. Selanjutnya membawa sesaji ke laut.


Setiap diadakan upacara atau tradisi Baritan ini, selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar Desa Asem Doyong dan para pengunjung dari desa lain. Warga yang datang biasanya diberi kesempatan oleh para nelayan setempat untuk menaiki perahu yang sudah dihias sedemikian rupa. Tidak Cuma naik, bahkan pengunjung yang datang juga di antar berkeliling menggunakan perahu-perahu tersebut. Tenang saja, untuk dapa merasakan naik perahu tersebut tidak dipungut biaya kok. Seru deh pokoknya. So, jangan sampe kelewatan yah.





Referensi : 

Sumber Foto : 
"space iklan"
Reaksi: 
Lokasi:indonesia SD Islam Asem Doyong, Pagongsoran, Pemalang, 52361, Indonesia

Related

wisata-pemalang 3333903039089776841

Post a Comment Default Comments

item