--------------------------------------------Ads-----------------------

Ads

Yuk Datang Ke Perpustakaan Daerah

Dalam benak kita Perpuskaan identik dengan buku. Tempat dimana kita dapat menggali ilmu secara mandiri selain proses belajar-mengajar di bangku sekolah. Bayangan kita pun mungkin tertuju pada sebuah ruangan yang di dalamnya tersusun buku dalam rak-rak yang sudah diberi label berdasarkan jenis bidang keilmuannya, misalnya buku Ekonomi, Sejarah, Olah Raga dan lain-lain.


Dalam arti modern Perpustakaan adalah sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apapun baik cetak maupun informasi yang tersimpan secara digital. Salah satu contoh perpustakaan digital yang bisa dengan mudah kita jumpai adalah situs Wikipedia.

Nah, kembali ke laptop.
Perpustakaan yang akan Masmin bahas di sini merupakan Perpustakaan Daerah di Kabupaten Pemalang. Jika kalian baru dengar nama tersebut, silahkan segera cari di sebelah timur alun-alun Kota Pemalang.
Perpustakaan Daerah Pemalang ini menurut Masmin (karena belum explore tempat-tempat lain) merupakan satu-satunya perpustakaan umum di Pemalang (jika ada yang lain mohon dikoreksi). Pengelolaannya dibawah naungan Kantor Perpusatakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang.

Lokasi
Untuk mencapai lokasi perpustakaan ini sangatlah mudah. Letaknya di sebelah timur alun-alun Kota Pemalang atau bersebelahan dengan GOR Kridanggo Pemalang.

Apa saja sih yang ada di sana?
Memasuki halaman perpustakaan kalian akan melihat beberapa mobil perpustakaan keliling yang terparkir di sisi kiri halaman perpustakaan. Mobil-mobil ini adalah sarana untuk jemput bola. Artinya mobil-mobil inilah yang akan menyambangi masyarakat khususnya siswa-siswa. Jadi, masyarakat atau para siswa tidak perlu datang ke perpustakaan, cukup nongkrong di samping mobil sambil membaca buku, hehehe. Jam operasionalnya sendiri Masmin belum menanyakan ke petugasnya karena keterbatasan waktu.

Arena belajar dan bermain adik2 PAUD
Masih di luar perpustakaan, di sebelah kiri ada ruangan khusus yang dikhiasi dengan pernak-pernak unik. Ternyata ini merupakan fasilitas yang disediakan khusus untuk adik-adik yang masih duduk dibangku PAUD/TK untuk belajar dan bermain. Fasilitasnya disediakan gratis bagi PAUD manapun yang ada di Pemalang dengan cara kontak terlebih dahulu ke Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang. Ruangan ini dibuka tiap Selasa hingga Kamis.

Sebelum membuka pintu perpustakaan di terasnya terdapat 2 buah meja dan beberapa kursi yang dapat kita gunakan untuk membaca maupun duduk-duduk santai. Di sebelah kanan ada bangku panjang yang sama dapat digunakan untuk menunggu atau duduk santai.

Loker bagi pengunjung
Setelah membuka pintu perpustakaan kalian akan menjumpai loker di sebelah kanan. Loker ini difungsikan untuk tempat menyimpan barang-barang pengunjung. Di sebelah kiri terdapat loker-loker kecil berisi katalog buku-buku di perpustakaan. Agak ke dalam sedikit di sebelah loker katalog buku, terdapat logbook bagi pengunjung. Agak masuk lagi, di sebelah kanan kalian akan menemukan meja petugas. Untuk keperluan baik itu pembuatan kartu anggota maupun peminjaman buku di sini tempatnya.

Di bagian tengah ruangan ada 2 blok. Keduanya berupa meja dan kursi untuk pengunjung yang membaca buku di perpustakaan.
Katalog buku

Di bagian kiri terdapat aneka majalah-majalah yang dapat kita memperkaya pengetahuan kita. Semakin ke dalam kalian akan mendapati rak-rak buku yang sudah dibagi berdasarkan kelompok atau berdasarkan bidang keilmuannya. Koleksinya lumayan banyak hanya saja masmin tidak sempat menanyakan berapa jumlah koleksi buku yang ada dalam perpustakaanya.
Aneka majalah-majalah

Rak buku
Ketentuan Anggota Perpustakaan

Di dinding bagian kanan di sana ada petunjuk pembuatan kartu anggota dan beberapa tata tertib.
Di perpustakaan ini juga tersedia hotspot bagi pengunjung, hanya saja tidak disediakan 1 pc pun untuk pengunjung. Selain itu, untuk kebutuhan listrik yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk Laptop juga tidak ada.

Blok untuk membaca
Berdasarkan pantauan Masmin perhari kisaran pengunjungnya rata-rata kurang lebih 30 orang. Pada pagi hari antara jam 7.30 hingga 12.00 pengunjung sepi karena hari kerja dan jam sekolah. Selepas istirahat biasanya ramai siswa-siswa itupun menurut petugas kebanyakan adalah pengunjung yang meminjam dan mengembalikan buku.

Petugas Perpustakaan
Waktu Buka
Perpustakaan daerah Kabupaten Pemalang ini ternyata melayani mulai jam 7.30 hingga 19.00 WIB tiap hari Senin s.d Jumat (lumayan lama juga yah). Untuk hari Sabtu dan Minggu jam bukanya adalah 7.30 hingga 12.00 WB.

Besar sekali manfaat dari membaca buku ini, So, rugi bagi kalian jika tidak memanfaatkan sarana Perpustakaan Daerah Kabupaten Pemalang ini untuk menambah wawasan kita.

Kantor Pepustakaan dan Arsip Daerah
Jl. Raya Alun-Alun Timur, Pemalang 
Telp 0284-324657

Buka :
Senin – Jumat : 7.30 – 19.00 WIB
Sabtu dan Minggu : 7.30 – 12.00 WIB

note: ternyata di beberapa tempat sudah ada perpustakaan desa (6 November 2013)
Yuk Datang Ke Perpustakaan Daerah Yuk Datang Ke Perpustakaan Daerah Reviewed by Massol Likhin on Kamis, Oktober 24, 2013 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.