--------------------------------------------Ads-----------------------

Ads

Transportasi Apa Saja yang Dapat Kita Gunakan untuk Menuju Bandung?

Bandung merupakan sebuah kota destinasi wisata yang hampir semua orang juga tahu, mempesona. Wisata alam yang indah, wisata kuliner dan aneka fashion yang ditawarkan membuat banyak orang tertarik untuk menghabiskan waktu liburannya di Bandung.


Tidak hanya sebagai tujuan wisata, Bandung pun menjadi kota tempat mencari nafkah bagi sebagian warga pantura termasuk dari Pemalang. Warga Pemalang yang datang ke Bandung untuk melaksanakan studi juga banyak tentunnya karena di Bandung ini banyak sekali berdiri kampus-kampus favorit.

Pemalang-Bandung tentu tidak dilalui dengan jalan kaki dong. Yah gemporlah kalo berjalan kaki dari Pemalang ke Bandung.

Ada beberapa pilihan moda transportasi umum yang dapat kita gunakan. Ada bus, travel bahkan kereta Api. Untuk bus, kita dapat menggunakan bus-bus dari arah timur seperti Sami Djaya (Solo-Bandung), BAIK (Semarang-Bandung), Adi Mulia (Solo-Bandung), Sahabat (Semarang-Bandung). Bis-bis ini hanya dapat dijumpai pada pagi hingga siang hari karena di Pemalang, bus terakhir lewat jam 5 sore. Selain itu bus-bus ini juga termasuk kelas ekonomi, untuk sampai ke bandung membutuhkan waktu yang lama karena ngetem di sana sini.

Pilihan bus lainnya kalian dapat menggunakan bus malam Bandung Express jurusan Semarang-Bandung. Bus ini terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas ekonomi dan kelas AC Eksekutif.  Di Terminal Pemalang, Bandung Express membuka loket. Loketnya sendiri buka sekitar jam 4 sore dan bus baru sampai di Pemalang kira-kira jam 11 malam. Tarifnya sendiri sebelum BBM naik sebesar Rp 75.000. Kemungkinan tarif termurah saat ini sekitar Rp 90.000.

Alternatif lain yang dapat kalian gunakan adalah travel. Travel Cipaganti sudah secara khusus membuka perwakilannya di Jl. Sudirman dekat pertigaan Jl. A. Yani. Perkiraan tarifnya antara Rp100.000-Rp120.000. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan kereta Api, tapi ingat, naiknya dari Pekalongan atau Tegal dengan jadwal pada malam hari menggunakan Kereta Api Harina jurusan Surabaya-Bandung.

Jika menggunakan patas AC seperti Bandung Express yang tarifnya lumayan mahal, kalian dapat menggunakan bus dari terminal Tegal. Salah satu pilihannya adalah Goodwill. Bus ini setiap hari meskipun ekonomi namun daya tempuhnya cepat. Tarifnya termasuk murah, sebelum BBM naik, tarifnya kurang lebih Rp 30.000-Rp 35.000. Kemungkinan tarif sekarang tidak jauh dari Rp 40.000-45.000.

Oke, biar lebih mudah untuk dilihat informasinya masmin buat daftar angkutannya yah


Nama Bus
Tempat Naik
Kelas
Perkiraan Tarif
Sami Djaya, Adi Mulia, Baik, Sahabat (Siang hari)
Dari Ulujami, Comal, Ampel Gading, Petarukan dan Terminal Pemalang
Kelas Ekonomi (waktu tempuh 8-10 jam)
+ Rp 40.000 - Rp50.000
Bandung Express (malam)
Terminal Pemalang (jam 11 malam)
Ekonomi dan Eksekutif (waktu tempuh 7-8 jam)
+ Rp 90.000 – Rp 110.000
Goodwill (malam)
Terminal Tegal (pagi dan malam)*terbatas
Ekonomi waktu tempuh (7-8 jam)
+ Rp 40.000 – Rp 50.000
Travel Cipaganti
Jl. Jend. Sudirman Timur No. 10 Pemalang, Telp. 0284-5810001
Jemputan
Waktu tempuh 7-8 jam
+ Rp 100.000 – Rp 120.000
Kereta Api
Stasiun Tegal/Pekalongan
Waktu tempuh
+ Rp 210.000

Menurut Masmin, Trayek Pemalang-Bandung dan sebaliknya memang bukan trayek yang menguntungkan bagi para penumpang. Seperti yang tersedia saat ini, yang sekiranya tarifnya proporsional adalah kelas ekonomi. Sedangkan untuk kelas Eksekutif kita harus menguras gocek dan membayar tarif tujuan Semarang. Untuk itu kembali kepada Anda sendiri kira-kira mana sih yang kiranya cocok untuk kantong dan nyaman. Tentunya ada harga ada barang.

note: jika naik dari Terminal Tegal/Stasiun Tegal atau Stasiun Pekalongan dapat menggunakan bus omprengan terlebih dahulu dg tarif Rp 7.000

PT Goodwill Bandung
Alamat lengkap: Jl Cendana 19, Cihapit, Bandung Wetan
Kabupaten/Kota: Bandung
Kode pos: 40114
Fax: 022 7208308

Nomor telepon/HP: +62.22.7208308
Transportasi Apa Saja yang Dapat Kita Gunakan untuk Menuju Bandung? Transportasi Apa Saja yang Dapat Kita Gunakan untuk Menuju Bandung? Reviewed by Massol Likhin on Kamis, Oktober 17, 2013 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.