Buat Paspor, Ke Kantor Imigrasi Pemalang Saja


Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Di Indonesia Kewenangan mengeluarkan Paspor ada pada Direktorat Jendeal Imigrasi di bawah Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.


Bagi kita warga Pemalang tidak perlu repot-repot harus ke Jakarta untuk membuat paspor. Ditjen Imigrasi memiliki kantor perwakilan di Pemalang yaitu di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 110 Pemalang. Lokasinya tidak jauh dari gapura Selamat Datang yang terdapat di dekat Rumah Sakit Siaga Medika.

Dari pintu gerbang barat jika menggunakan kendaraan silahkan diparkir di area parkir bagian belakang kantor Imigrasi. Jika tidak, dapat langsung masuk melalui pintu depan. Sebelum lebih jauh, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan jika Anda ingin membuat paspor.
  • Siapkan segala kelengkapan persyaratan seperti Kartu Keluarga, KTP, Surat Nikah dan persyaratan lainnya beserta Foto Copy.
  • Siapkan juga materai, untuk jaga-jaga siapkan 2 buah. Di sini terdapat koperasi tetapi tidak tersedia materai. Materai justru disediakan pemilik kantin dengan harga yang kurang bersahabat sebesar Rp 10.000/materai.
  • Datanglah lebih awal, jam buka kantor adalah 7.30 WIB
  • Ada beberapa tahap yang dilalui mulai dari pengisian formulir, cek kelengkapan, bayar biaya paspor, foto, sidik jari dan wawancara
  • Paspor baru dapat diambil 4 hari kerja setelah proses pengajuan
  • Bawa Gadget sebagai teman biar tidak jenuh waktu menunggu antrian

Berdasarkan pengalaman masmin saat mengantar teman membuat paspor Rabu 23 Oktober 2013 lalu. Dibutuhkan kurang lebih 2,5 jam. Pada saat itu ternyata masih ada sisa antrian hari sebelumnya yang belum melakukan proses foto dan wawancara.

Nah, Fasilitas apa saja sih yang ada di Kantor Imigrasi Pemalang?

Cek kelengkapan
Jika kita memasuki gedung Imigrasi Pemalang, tepat setelah membuka pintu di bagian kanan terdapat 1 meja petugas yang bertugas mengecek kelengkapan administrasi. Sementara itu di sebelah kiri pintu masuk, terdapat tempat untuk menngisi formulir.

Dalam ruangan tersebut terdapat 3 blok kursi tunggu. Di sebelah kiri dan tengah untuk antrian formulir dan pembayaran. Sementara pada bagian paling kanan disediakan untuk pengantri yang akan melakukan proses foto dan wawancara.
Blok Kursi Tunggu Bag. Tengah

Di sebelah kanan blok kursi tunggu bagian tengah ada rak koran dan di bawahnya terdapat minuman mineral yang disediakan bagi siapa saja yang membutuhkannya. Di sana juga ada banner informasi pengurusan Paspor Online. Masih di area yang sama juga terdapat 2 buah PC yang dapat digunakan untuk pengecekan progress/status paspor dan PC untuk mengecek daftar kelengkapan persyaratan dan daftar harga serta informasi lainnya. Keduanya menggunakan layar sentuh.

Di atas blok kursi tunggu bagian tengah ada 2 display. Yang pertama menampilkan daftar nama Pemilik Paspor dan Nomor Paspor yang telah selesai. Dan Display yang kedua adalah TV sekaligus Display nomor antrian yang terbagi 3 bagian. Pertama, menampilkan no. antrian formulir. Kedua nomor antrian pembayaran. Ketiga nomor antrian untuk foto dan wawancara. Display yang sama juga terdapat di blok kursi tunggu bagian foto dan wawancara (sebelah kanan).
Tempat mengisi formulir
PC Cek progress/status paspor


Di dinding sebelah kiri terdapat petunjuk prosedur penyelesaian pembuatan paspor dan alur proses surat perjalanan. 
Petunjuk Permohonan Surat Perjalanan



Di gedung ini di sediakan akses hotspot gratis baik di dalam ruangan maupun di depan koperasi. Hanya saja, Masmin tidak sempat mencobanya karena Kala itu Masmin membawa Laptop yang baterainya drop. Sejatinya layanan ini dapat digunakan sembari menunggu teman masmin hingga selesai proses pembuatan paspornya. Habis, tidak disedikan colokan listrik sih, :(.
Koperasi

Dari pantauan Masmin kemarin, kebanyakan yang mengajukan paspor berumur paruh baya ke atas. Kebanyakan adalah mereka-mereka yang akan melakukan perjalanan umroh ke tanah suci.

Berdasarkan pengamatan Masmin, alur proses pembuatan paspornya jelas dan rapi. Dan yang penting adalah bebas calo.

Kantor Imigrasi Pemalang 
Jl. Perintis Kemerdekaan No. 110 Pemalang
Telp 0284-325010
Fax 0284-324219
email: kanim_pemalang@imigrasi.go.id
Website http://pemalang.imigrasi.go.id 
Jam pelayanan  : Senin mulai 7.30 dan Jumat 8.30

Reaksi: 
Lokasi:indonesia Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia

Related

tips 1511979299925866327

Post a Comment Default Comments

Text Widget

item